Sunday, March 24, 2013

Ev. Jimmy Pardede : Bagaimana Caranya Agar Kita Bertumbuh dalam Roh

1. Saling menasehati
2. Hiburlah (mendampingi dan menguatkan) mereka yang tawar hati
3. Belalah (terj. dukunglah) mereka yang lemah
4. Sabar
5. Kemampuan mengampuni
6. Kejarlah apa yang baik setiap saat
7. Latih diri untuk bersukacita, menemukan sukacita dalam kondisi apapun.
8. Berdoalah pada waktu kapanpun
9. Mengucap syukur dalam segala hal
10. Jangan mengabaikan Roh
11. Jangan anggap rendah pemberitaan firman
12. Uji apa yang baik, indah, dan sesuai
13. Jauhkan diri dari apa yang jahat

(Bacaan  1 Tesalonika 5:14-28)

3 comments:

  1. Kedengaran bagus, tetapi sebenarnya terbalik. Sepatutnya apa yg keluar daripada kita adalah di-inspirasikan oleh Roh Kudus.

    Sifat Roh Kudus bukanlah seperti suatu kuasa yang hanya akan "masuk" ke dalam kita "selepas" kita melakukan sesuatu.

    Konsep untuk "dipenuhi oleh Roh Kudus" menurut Ev. Jimmy Pardede adalah terbalik dan bersifatkan perdukunan.

    ReplyDelete
  2. Saya mau klarifikasi masalah judulnya..saya keliru menuliskannya, seharusnya : " Bagaimana Caranya Agar Kita Bertumbuh dalam Roh"

    Perikop dalam 2 Tesalonika 5:23 berbicara tentang pengharapan final dari Paulus, kenapa dia melayani jemaat Tesalonika, memberikan pengajaran, membimbing mereka, tujuannya hanya satu yaitu supaya Allah menguduskan jemaat Tesalonika sampai mendapatkan keseluruhan dan kesempurnaan dijaga terus sampai kedatangan Kristus.
    Ayat 23: “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus Tuhan kita.”
    Paulus mau mengatakan: “semoga kamu benar-benar dipelihara oleh Tuhan”
    Apa gunanya dia berkhotbah, apa gunanya ia penginjilan kalau ternyata jemaat tidak bertumbuh. Jadi apapun yang dikerjaan oleh Tuhan melalui gerejanya, ditujukan hanya untuk satu, yaitu supaya kita boleh bertumbuh dengan sempurna dan tak bercacat dan terpelihara sampai Tuhan Yesus datang. Hal inilah yang menjadi pengharapan Paulus dan hal ini menjadi sesuatu yang dia dorong agar jemaat miliki. Maka kunci agar kita bisa terus mendapatkan dorongan dan pimpinan dari Allah sumber damai sejahtera adalah pada bagian-bagian sebelumnya (ayat 12-22) dan inilah cara bagaimana kita bisa bertumbuh dalam Roh.

    ReplyDelete
  3. Tidak ada yg salah dengan penggunaan istilah "dipenuhi Roh Kudus" karena Istilah "dipenuhi Roh Kudus" tertulis dalam Alkitab. Lukas 1:15 menulis tentang Yohanes Pembabtis yang "dipenuhi Roh Kudus" mulai dari rahim ibunya. Kis. 2:4, mengisahkan semua orang percaya "dipenuhi oleh Roh Kudus" pada peristiwa Pentakosta.

    ReplyDelete