Friday, March 22, 2013

Mengenal Yesus Kristus

Apa arti nama Yesus?

Nama Yesus berarti : "Tuhan menyelamatkan."

Di masa Perjanjian Lama, Allah berbicara kepada Musa dari balik semak duri yang menyala-nyala! Musa bertanya, "Siapakah Engkau? Apakah Engkau mempunyai nama? Bagaimana aku dapat memanggil-Mu?". Allah berkata, "AKU ADALAH AKU. Panggilah AKULAH AKU."

Jadi sejak saat itu umat Allah menyebut Allah sebagai AKULAH AKU. Dalam bahasa Ibrani disebut Yahweh. Yahwe mengatakan kepada Musa, "Aku telah datang untuk menyelamatkan umat-Ku dari perbudakan di Mesir dan membawa mereka ke tanah yang baru. Aku akan menyelamatkan mereka."

Orang yang memimpin mereka masuk ke tanah perjanjian disebut Yahweh Menyelamatkan. Namanya adalah Yosua. Namun Allah tahu bahwa kita membutuhkan keselamatan dari perbudakan jenis lain. Ia berjanji akan mengirimkan seorang Juruselamat.

Selama bertahun-tahun rencana Allah tersembunyi dari hampir semua orang. Namun Allah memberitahukan sedikit dari rencan-Nya kepada orang-orang yang disebut Nabi. Mereka mengetahui bahwa akan datang seorang Juruselamat. Mereka menulis apa yang dikatakan Allah kepada mereka sehingga rahasia itu tidak akan hilang. Karena itu ketika Yesus dilahirkan, beberapa orang sedang menanti Juruselamat. Mereka tidak tahu pasti siapakah Juruselamat itu. Meskipun demikian mereka tahu bahwa Ia akan datang. Yesuslah Juruselamat itu. Itulah sebabnya Ia disebut: Tuhan Menyelamatkan.

(dari buku : Seri Pemahaman Iman Kristen Bagi Anak, Mengenal Yesus Kristus, Sinclair B. Ferguson)

No comments:

Post a Comment